Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kerampilan Reading Comprehension Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Madiun

  • Iik Nurheni SMP Negeri 1 Kota Madiun
Keywords: metode jigsaw, upaya meningkatkan hasil belajar, reading comprehension

Abstract

Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, mereka memerlukan pengorganisasian proses belajar mengajar yang baik. Asumsi dasarnya adalah proses pengajaran yang optimal memungkinkan hasil belajar yang optimal pula. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ketrampilan Reading Comprehension pada siswa KELAS IX SMP Negeri 1 Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran kooperatif metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar kelompok dalam memahami Reading Comprehension dalam Bahasa Inggris pada Siswa KELAS IX SMP Negeri 1 Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Penelitian ini direncanakan dalam tiga siklus. Dari data hasil refleksi siklus I akan dipergunakan sebagai acuan untuk menyusun perencanaan pada siklus II. Hal ini dimaksudkan untuk selalu mengadakan perbaikan pada setiap siklusnya sehingga tujuan dari penelitian ini dapat tercapai. Hasil-penelitianmenunjukkan bahwa menggunakan Jigsaw sebagai metode pembelajaran kooperatif bisa membantu siswa untuk meningkatkan pencapaian ketrampilan pemahaman membaca mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian pada Siklus 1 : nilai rata-rata kelas siswa dalam kegiatan ketrampilan pemahaman membaca yaitu 76,10. Hal ini dapat dikatakan bahwa ketrampilan pemahaman membaca siswa cukup baik dengan peningkatan sebesar 6,10 dari target indicator keberhasilan tindakan 80,00. Pada siklus 2 : nilai rata-rata kelas siswa dalam kegiatan ketrampilan pemahaman membaca yaitu 78,60. Hal ini dapat dikatakan bahwa ketrampilan membaca siswa mengalami peningkatan sebesar 6,50. Dan pada Siklus 3 nilai rata-rata siswa kelas IX-F pada siklus III ini cukup memuaskan atau lebih baik dari pada siklus II yaitu 82,90 dengan peningkatan sebesar 4,30. Bila dibandingkan dengan kondisi awal maka kenaikannya adalah 12,90. Capaian ini sudah melebihi target indikator keberhasilan tindakan. Maka penelitian ini berhasil.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMP. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

De Boer and Dallman, 1986. The Teaching of Reading. New York: Holt Renhart and Winston.

Grellet, F., 1992. Developing Reading Skill. A Practical Guide To Reading Comprehension. Cabridge University Press.

Harris, Albert J., and Edward R., Sipay. 1980. How to Increase Reading Ability. A Guide Development and Remidial Metoho’ds. New York: Longman Inc.

Kasbolah, Kasihani. 1993. Teaching – Learning Strategy I ( An Unpblished Instrucyional Material Part A ). Institute of Teacher Training and Education at Malang.

Kessler, Carolyn. 1992. Cooperative Language Learning. A Teacher’s Resource Book. United States of America: Prence Hall Regents.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Simanjuntak, E.G. 1998. Developping Reading Skills For EFL Students. Jakarta : P2LPTK.

Published
2021-10-23
How to Cite
Nurheni, I. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kerampilan Reading Comprehension Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Madiun. Jurnal Merdeka Mengajar (JMM), 2(3), 57-64. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/1080

Article metrics

Abstract views : 8