Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Program Bimbingan Dan Pendampingan Bagi Guru-Guru SDLB Negeri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013

  • Umi Salmah, S.Pd., M.Pd. Dinas Pendidikan Sekolah Luar Biasa Negeri Jember
Keywords: kompetensi menyusun RPP, program bimbingan dan pendampingan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Kepala sekolah dalam program bimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di SDLB Negeri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013.Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul, tersusun, dan di klasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap guru-guru SDLB Negeri Kec. Patrang Kabupaten Jember. Penelitian tindakan dilaksankan mulai bulan Agustus sampai dengan Oktober2012. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya: membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi peleksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk  pengambilan keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan  secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi perencanaan dan hasil program bimbingan dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa program bimbingan dan pendampingan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasilyang didapat pada siklus I dan siklus II kompetensi guru meningkat, yakni dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 66% sedangkan siklus II sudah mencapai 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan melalui programbimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di SDLB Negeri Kec. Patrang Kabupaten Jember semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 telah berhasil dilaksanakan.

References

Avalos, B. 2011. Teacher professional developmentin Teaching and Teacher Education over ten years. Teaching and Teacher Education.

Husaini Usman. 2010. Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan (Edisi Tiga). Jakarta: Bumi Aksara.

I wayan Dasna dan Sutrisno. 2007. Methods of Teacher Training. Delhi: Mehra Offset Press.

Jamil Suprihatiningrum. 2012. Pengantar Pelaksanaan Perangkat Mengajar. Jakarta: Alfabeta.

Kuka Udin. 2017. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI - Jurnal Pendidikan Vol. 15 No.1 Januari 2017.

Markos, S., & Sridevi, M. S. 2010. Employee Engagement: The Key to Improving Performance. International Journal of Busniness and Management.

Musyarofah. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode Dan Trampil Mengajar. Bandung: alfabeta.

Mutamimah Retno Utami. 2012. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadeem, & et.al. 2011. Teacher’s Competencies andFactors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science 2.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2012. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2021-04-23
How to Cite
Salmah, S.Pd., M.Pd., U. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Program Bimbingan Dan Pendampingan Bagi Guru-Guru SDLB Negeri Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 2(2), 50-57. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/841

Article metrics

Abstract views : 46