Meningkatkan Hasil Belajar Pelaksanaan Pembelajaran Pengolahan Makanan Kesempatan Khusus Melalui Metode Eksperimen Di Kelas XII A1 Semester Ganjil Smk Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Dyah Retno Sulistyani, S.Pd. SMK Negeri 2 Ponorogo
Keywords: meningkatkan hasil belajar pengolahan makanan, metode eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan :1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas XIIA1 pelaksanaan pembelajaran pengolahan makanan kesempatan khususmelalui metode eksperimen, 2) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pengolahan makanan kesempatan khusus dengan menerapkan metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil pengamatan hasil belajar siswa kelas XIIA1 menunjukkan yang semula sebelum melaksanakan metode Eksperimen keaktifan siswa dalam pembelajaran pengolahan makanan khusus masih rendah, tetapi melalui penerapan metode pembelajaran Eksperimen hasil belajar siswa dapat meningkat hingga mencapai 92% pada siklus ketiga, dan dari hasil prestasi belajar siswa sebelum menerapkan metode Eksperimen hanya 58,6% dengan kriteria penilaian C dapat meningkat secara bertahap. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan rata – rata hasil belajar siswa, mulai dari hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 63 dengan kriteria kriteria C, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 72,38 dan pada siklus III meningkat secara signifikan menjadi 95,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIIA1 dalam pelaksanaan pembelajaran pengolahan makanan kesempatan khusus semester ganjil di SMKN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Dani K. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Putra Harsa.

Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Marimba. 1978. Pengukur Hasil Belajar Seseorang. Jakarta: Mawar Gempita.

Nawawi. 1981. Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Bandung. Aneka Baru.

Putu, Sudira. 2006. Jasa Boga Pengolahan Hidangan Harian dan Kesempatan Khusus. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sadly. 1977. Hasil Belajar Dan Interaksi Belajar. Surakarta: CV. Pionir Jaya.

Sudaryono. 2012. Dasar – Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tri Yitningsih. 2016. Modul Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2021-04-23
How to Cite
Sulistyani, S.Pd., D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pelaksanaan Pembelajaran Pengolahan Makanan Kesempatan Khusus Melalui Metode Eksperimen Di Kelas XII A1 Semester Ganjil Smk Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 2(2), 41-49. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/840

Article metrics

Abstract views : 15