Meningkatkan Kemampuan Mengenal Binatang Ternak Melalui Pembelajaran Model Pakem Pada Anak Tk A, Tk Pertiwi Jampes Pace Nganjuk Tahun 2019

  • Ning Puji Rahayu TK Pertiwi Jampes, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk
Keywords: Kemampuan Mengenal Binatang Ternak, Metode PAKEM

Abstract

Kognitif yaitu kemampuan anak dalam mengenal, memahami, mengingat, menyebutkan, menyusun dan mengelompokkan serta membedakan benda sesuai bentuk, warna, ukuran, ciri dan fungsinya. Sedangkan metode PAKEM merupakan cara yang harus ditempuh guru dalam mencapai tujuan belajar dengan proses kegiatan secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui proses pembelajaran dalam peningkatan kemampuan kemampuan anak mengenal nama-nama binatang ternak melalui metode PAKEM. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak mengenal nama-nama binatang ternak melalui metode PAKEM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian yang di dapat adalah: Anak mampu mengenal dan mengingat nama-nama binatang ternak 79%, anak dapat melafalkan/ menyebutkan kembali nama-nama binatang ternak dengan fasih 85%, dan anak mampu membedakan dan mengelompokkan nama-nama binatang ternak sesuai ciri dan fungsinya 87% signifikan. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa capaian perkembangan kognitif anak tentang kemampuan mengenal nama-nama binatang ternak dengan menerapkan metode PAKEM dinyatakan berhasil sesuai harapan pada anak TK A, TK Pertiwi Jampes Kabupaten Nganjuk. Saran untuk penelitian lebih tingkatkan lagi dalam pencarian sumber dari teori-teori yang relevan supaya dapat dijadikan referensi bagi peneliti lainnya.

References

Sujiono. 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Mar’at. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persad

Pratiwi. 2018. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks

Nur, Luthfi dkk (2016) “Kognitive Ability, Aquatic Learning, Early Childhrood” Pendidikan dan Kebudayaan E-Journal vol.10 no.1 Universitas Pendidikan Indonesia.

Madyawati. 2016.Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Khafifah, Nur Risma (2020) “Meningkatkan perkembangan kognitif dengan metode bernyanyi pada anak usia dini” Artikel: Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Suprapto. 2011. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Abdullah, Sholikan.2004.Median, Pakem itu Apa ?. Surabaya: LPMP Jatim.

Satori dan Komariah. 2011. Perkembangan dan konsep dasar perkembangan anak usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Komariah. 2011. Perkembangan belajar pada anak usia dini. Depdiknas.

Published
2022-09-24
How to Cite
Rahayu, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Binatang Ternak Melalui Pembelajaran Model Pakem Pada Anak Tk A, Tk Pertiwi Jampes Pace Nganjuk Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 3(3), 59-63. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/1410

Article metrics

Abstract views : 16