Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas II SDN Teguhan 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018-2019
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II pada pelajaran Matematika materi Bangun Datar di SDN Teguhan 02. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pelajaran Matematika materi Bangun Datar di SDN Teguhan 02. 3) Meningkatkan performansi guru dalam mengajar Matematika kelas II materi Bangun Datar di SDN Teguhan 02. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN Teguhan 02 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 78,6 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 81%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai 67,9 dengan kriteria tinggi, dan performansi guru sebesar 85,42 dengan kategori A. Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,8 dengan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 100%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 85,6 dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru mencapai 96,67 dengan kategori A. Hasil tersebut membuktikan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa media puzzle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru. Saran yang peneliti berikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu sebaiknya guru harus lebih kreatif dan variatif dalam menyajikan media puzzle bangun datar, sehingga siswa selalu merasa tertarik dan ingin tahu puzzle apakah yang akan digunakan dalam pembelajaran.
References
Akhsin, Nur dan Heny Kusumawanti. 2006. Matematika untuk Kelas II SD/MI. Klaten: Cempaka Putih.
Anni, Tri Catharina, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Demirbilek, Muhammet. 2010. Investigating Attitudes of Adult Educators Towards Educational Mobile Media and Games in Eight European Countries. Journal of Information Technology Education. 9: p235.
Dahlan, Herdiansyah. 2019. Pengertian Kinerja Guru. Online. Available at http://hendrians diamond. blogspot.com/2012/01/pengertian-kinerja-guru.html. (accessed 28/02/2019)
Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suharjana, Agus. 2008. Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Svastiningrum, B. Sekarjati. 2011. 101 Permainan Edukatif Terbaik Untuk Anak Ayo bermain!.Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Yusfy. 2018. Pengertian Aktivitas Belajar. Online. Available at http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2241185-pengertian-aktivitasbelajar/. (accessed 24/02/2019
Copyright (c) 2021 JIPP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.