Penerapan Metode Kooperatif Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Azan Dan Iqomah Pada Siswa Kelas V SDN 2 Tribungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo

  • Maqhfiro Maqhfiro SD Negeri 2 Tribungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo
Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Model STAD

Abstract

Dari 16 siswa di kelas V Semester I SDN 2 Tribungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018, hanya ada 10 siswa yang tuntas belajar pada pembelajaran mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) artinya hanya 55,56% yang tuntas pada pratindakan. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan penerapan metode kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkanhasil belajar siswa kelas V Semester I SDN 2 Tribungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran menjelaskan Azan Dan Iqomah. Desain penelitian yang digunakan adalah model siklus Hopkins, yaitu penelitian tindakan kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan metode kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada pembelajaran menjelaskan Azan Dan Iqomah memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus sebesar 55,6%, siklus I sebesar 75%, dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 91,7%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Daniel Muijs dan David Reynolds 2008. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke-2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Model Pembelajatan Tatap Muka, Penugasan Terstruktur, dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginting, A. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Perkembangan. Bandung: Humaniora.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar, S.Pd., M.Si. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. 2007. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Impelementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Grup.

Published
2020-05-04
How to Cite
Maqhfiro, M. (2020). Penerapan Metode Kooperatif Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Azan Dan Iqomah Pada Siswa Kelas V SDN 2 Tribungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 7(2), 68-77. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/519

Article metrics

Abstract views : 5