Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Lembaga-Lembaga Negara Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas VI B SLB Negeri Sampang

  • Tatang Irwanto SLB Negeri Sampang
Keywords: Kemampuan, lembaga-lembaga negara Active Knowledge Sharing

Abstract

Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil angket sebelum penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa akan belajar jika diberi tugas oleh guru. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan ssiwa untuk mengembangkan kreativitasnya masih rendah, kegiatan belajar siswa masih tergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang Sistem Pemerintahan Republik Indonesia melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas VI B, SLB Negeri Sampang Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar tentang Sistem Pemerintahan Republik Indonesia ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus IĀ  74,17; siklusĀ  II 78,33; dan siklus III 84,17. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II 83,33%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.

References

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research In Education. Boston: Allyn & Bacon.

Guba, E.G. & Lincoln, Y.S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

John M. Echols. 1990. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Kusaeri, S. 2001. Pendekatan Konstruktivis dan Kendalanya dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9, 10 Tahun 2001.

Miles, M.B. dan Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurhadi & Senduk, G.A. 2003. Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukirin. 1984. Psikologi Belajar. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Zamroni. 2000. Panduan Kurikulum Metode Alternatif Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2020-01-02
How to Cite
Irwanto, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Lembaga-Lembaga Negara Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas VI B SLB Negeri Sampang. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 7(1), 85-93. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/458

Article metrics

Abstract views : 2