Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Gerak Melingkar Pada Mata Pelajaran Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo

  • Yeyeh Suharti Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo
Keywords: hasil belajar, gerak melingkar, Active Knowledge Sharing

Abstract

Model-model pembelajaran tradisional kini mulai ditinggalkan berganti dengan model yang lebih modern, karena lembaga pendidikan dituntut untuk lebih dapat menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil angket sebelum penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa akan belajar jika diberi tugas oleh guru. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya masih rendah, kegiatan belajar siswa masih tergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang Gerak Melingkar melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas X TPM, SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar tentang Gerak Melingkar ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 68,75; siklus II 77,36; dan siklus III 81,94. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 47,22%, siklus II 72,22%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 94,44%.

References

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

John M. Echols. 1990. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Kusaeri, S. 2001. Pendekatan Konstruktivis dan Kendalanya dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9, 10 Tahun 2001.

Miles, M.B. dan Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurhadi & Senduk, G.A. 2003. Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Sukirin. 1984. Psikologi Belajar. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Zamroni. 2000. Panduan Kurikulum Metode Alternatif Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2019-08-22
How to Cite
Suharti, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Gerak Melingkar Pada Mata Pelajaran Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(3), 59-66. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/395

Article metrics

Abstract views : 80