Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Dan Sel Elektrokimia Kelas XII IPA 1 Semester 1 SMA N 6 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Tintin Dwi Sumarni SMA Negeri 6 Madiun
Keywords: Discovery Learning, Minat, Ketuntasan Belajar, Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA-1 SMA Negeri 6 Madiun tahun pelajaran 2018-2019. Metode pengumpulan data menggunakan data hasil tes, lembar pengamatan aktifitas dan data pengelolaan pembelajaran. Sedangakan perangkat yang digunakan adalah RPP, Hand Out, dan Lembar Kerja Siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan ketuntasan belajar siswa pada materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia. Pada siklus I persentase ketercapaian minat tinggi sebesar 20% ( 6 siswa ) dan meningkat pada siklus II menjadi 53% (16 siswa). Peningkatan prestasi belajar dilihat dari aspek pengetahuan pada siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 36,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,7%. Sedangkan aktifitas positif lain yang diamati diantaranya aktifitan guru dan siswa serta pengelolaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pengajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin, dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Unesa-University Press Surabaya.

Indrawati. 2016. Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Kimia SMA Kelompok Kompetensi B. Jakarta: PPPPTK IPA Dirjen GTK Kemdikbud.

Purwanto, Ngalim.2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Permendikbud No 104, 2014. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Poppy K. Devi. 2016. Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Kimia SMA Kelompok Kompetensi A. Jakarta: PPPPTK IPA Dirjen GTK Kemdikbud.

Purba M, Sunardi: 2012. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Sudirman,dkk. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Sapriati, Amalia. dkk. 2016. Pembelajan IPA di SD. Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud.

Published
2019-04-05
How to Cite
Sumarni, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Dan Sel Elektrokimia Kelas XII IPA 1 Semester 1 SMA N 6 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(2), 46-54. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/299

Article metrics

Abstract views : 150