Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Pemecahan Masalah Luas Bangun Datar Melalui Penerapan Kobis (Konsep Operasi Bilangan Sederhana)

  • Pratiwi, S.Pd. SDN 01 Tawangrejo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun
Keywords: bilangan, belajar, konsep operasi bilangan sederhana.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pemecahan masalah luas bangun datar melalui penerapan Kobis (Konsep Operasi Bilangan Sederhana) pada siswa kelas V SDN 01 Tawangrejo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pola kolaboratif menggunakan model siklus berdaur Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Tawangrejo sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini tolok ukurnya adalah sistem belajar tuntas dalam pelajaran Matematika yaitu pencapaian nilai KKM 75. Hasil dari penelitian tindakan kelas melalui penerapan KOBis dalam pemecahan masalah luas bangun datar pada mata pelajaran Matematika menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari pra siklus sebesar 58% meningkat menjadi 70% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan tersebut dikarenakan penerapan KOBis membuat siswa  mampu menemukan konsep  pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika yang dianggap sulit menjadi lebih mudah serta menghapus ketakutan siswa terhadap Matematika. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui bahwa penerapan Konsep Operasi Bilangan Sederhana (KOBiS)  dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika dalam pemecahan masalah luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurikulum SD. 2006. Standar Komptensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI dan SDLB. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nurhasanah dan Didik Tumianto. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: CV. Bina Sarana Pustaka.

Sudwiyanto dkk. 2007. Terampil Berhitung Matematika SD kelas V Berdasarkan Kurikulum KTSP 2006. Jakarta : Erlangga.

Published
2019-02-23
How to Cite
S.Pd., P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Pemecahan Masalah Luas Bangun Datar Melalui Penerapan Kobis (Konsep Operasi Bilangan Sederhana). Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(1), 42-49. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/261

Article metrics

Abstract views : 116