Penerapan Pendekatan Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas II SDN 15 Batu Nanggai Kecamatan Tanjung Raya

  • Erni Syam SDN 15 Batu Nanggai Kecamatan Tanjung Raya
Keywords: pendekatan tematik, meningkatkan keterampilan berbicara

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas II masih menggunakan pendekatan yang lama dimana siswa menerima saja materi pelajaran tanpa menemukan sendiri sehingga mengakibatkan siswa pasif dan tidak serius dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas II SDN 15 Batu Nanggai Kecamatan Tanjung Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Kelas II SD Negeri15 Batu Nanggai Kecamatan Tanjung Raya. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif, menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 68.9 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81.57.

References

Agung, Arman. (2008). keterampilan Berbicara Rhetorika dan Berbicara Efektif.(http:/ www.bpplsp-reg5.go.id/download/ket bicara.doc download tanggal 11/03/2008/13:50).

Papas, Christine C, dkk. (1990). An integrated elementary school language perspective in the Longman. London.

Rahim, Farida. (2006). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Darsono. (2001). Pembelajaran khusus berdasarkan aliran psikologi.

Tarigan, Hendry Guntur. (1986). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Karli, Hilda. (2006). Panduan Belajar Tematik. Bandung: Erlangga.

Santosa, Puji. (2004). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Universitas Terbuka.

Refandi. (2008). keterampilan Menulis. (http:/www.bpplsp-reg5.go.id/download/ ket menulis.doc).(Diakses 11 Maret 2008. 14:10)

Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rosda.

Mundilarto, Rustam. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Abbas, Saleh. (2006). Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah dasar.Jakarta : Depdikbud.

Published
2022-12-26
How to Cite
Syam, E. (2022). Penerapan Pendekatan Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas II SDN 15 Batu Nanggai Kecamatan Tanjung Raya. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 9(3), 73-79. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1436

Article metrics

Abstract views : 7