Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dan Benda Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas VII E Di SMP Negeri 5 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Setyowati Budi Utami SMP Negeri 5 Ngawi Kabupaten Ngawi
Keywords: ilmu pengetahuan alam, melalui model pembelajaran numbered head together

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) “Seberapa jauh peningkatan prestasi belajar siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya Ilmu Pengetahuan Alam materi klasifikasi makhluk hidup dan benda pada siswa kelas VII E, SMP Negeri 5 Ngawi, Kabupaten Ngawi? (2) Apakah melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi klasifikasi makhluk hidup dan benda pada  siswa kelas VII E, SMP Negeri 5 Ngawi, Kabupaten  Ngawi? Sedangkan tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup dan benda, (2) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VII E. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subjek penelitian, pengumpulan data, instrument penelitian, teknik analisa data, menyiapkan partisipan, penelitian tindakan menggunakan tiga siklus kegiatan. Hasil penelitian siklus 1 sampai dengan siklus 3 dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan melului metoda Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) materi klasifikasi makhluk hidup dan benda pada siswa kelas VII E, SMP Negeri 5 Ngawi,  Kabupaten  Ngawi, terdapat peningkatan terhadap pemahaman materi pelajaran yang disampaikan peneliti yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu rata-rata hasil belajar siklus I  (70,63), siklus II (80,78), dan siklus III (88,13), sedangkat ketuntasan secara klasikal meningkat pada siklus I (71,88 %), menjadi (81,25 % ) pada siklus II, dan menjadi (87,50 %) pada siklus III, sehingga ketuntasan secara klasikal tuntas pada siklus III tercapai.

References

Ambary, Abdullah, dkk. 1999. Penuntun Terampil berbahasa Indonesia dan Petunjuk guru. Bandung: Trigenda Karya.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Arief S. SadimanMedia pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, (Jakarta : Rajawali, 2009.)

Gemi Nastiti dan Achmad A. Hinduan, “Pembelajaran IPA Model Integrated untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Energi di Smp Negeri Purworejo, Jawa Tengah”

Harisiati, Titik. 1999. Penelitian Tindakan Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah dan

Pemecahan masalah Pebelajaran bahasa Dalam Seminar. FPBS IKIP

Malang.

L. U. Ali, “Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur” dalam e-Journal Program Pascasarjana Univer-sitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Melvin. L. Silberman. 2004. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: nuansa dan Nusamedia..

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti

Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metodologi Penelitian pendidikan. Bandung ; Remaja Rosdakarya.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012), 136

Susilo, Muhammad Joko. "Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah." Jurnal Bioedukatika 3.1 (2015):

Usman, M. Basyiruddin. Asnawir, Media Pembelajaran. (Jakarta : Ciputat Pers, 2002).

Published
2022-06-02
How to Cite
Utami, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dan Benda Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas VII E Di SMP Negeri 5 Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 9(2), 77-84. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1243

Article metrics

Abstract views : 37