Pengoptimalan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Doa Sehari-Hari Pada Siswa TK Pertiwi Payaman Nganjuk Tahun Pelajaran 2017-2018

  • Wiwik Murdiati Taman Kanak-Kanak Pertiwi Payaman Nganjuk
Keywords: Metode Demonstrasi, Kemampuan menghafal doa sehari-hari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari melalui metode Demonstrasi di TK Pertiwi Payaman Nganjuk. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Payaman Nganjuk. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK Pertiwi Payaman Nganjuk yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari yaitu pada pra siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-haridi TK Pertiwi Payaman Nganjuk.

References

Armai Arief. 2012. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Asep Salahudin. 2003. Shalat Bukan Sekedar Ritual. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Hurrahman.2009. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelompok B TK Ananda Ceria Gresik.Skripsi diterbitkan. Surabaya: Pendidikan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Kasihani Kasbolah. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Khadijah. 2003. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.

M. Arif Hakim. 2010. Doa Doa Terpilih Munajat Hamba Allah Dalam Suka Dan Duka. Bandung: Marja.

Sa’dun Akbar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media.

Sulaiman Abu Baker Amr Ahmad. 2005. Metode Pendidikan Anak Muslim Usia 6 Sampai Dengan 9 Tahun. Jakarta: Darul Haq.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zakiah Darajat. 2011. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : PT Bulan Bintang.

Published
2022-06-02
How to Cite
Murdiati, W. (2022). Pengoptimalan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Doa Sehari-Hari Pada Siswa TK Pertiwi Payaman Nganjuk Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 9(2), 1-6. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1232

Article metrics

Abstract views : 51