Usaha Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas XI Akuntansi A SMK Negeri Purwosari Bojonegoro

  • Yoyok Patmoriyanto SMK Negeri Purwosari Bojonegoro
Keywords: student teams achievement division, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) kelas XI Akuntansi A SMK Negeri Purwosari Bojonegoro pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Kriteria keberhasilan penelitian ini untuk aktivitas belajar ditandai dengan persentase aktivitas belajar secara keseluruhan mencapai 75% atau minimal 27 siswa yaitu 75% siswa mengalami peningkatan skor aktivitas belajar dan hasil belajar siswa secara kognitif mencapai minimal 27 siswa atau 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu sebesar 56,02% menjadi 75,93% pada siklus 2 dan 31 siswa atau 88,57% mengalami peningkatan skor aktivitas belajar. Peningkatan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa yang mencapai KKM dari post test siklus 1 ke post test siklus 2 sudah mencapai keberhasilan yang diharapkan yaitu 5 siswa atau 14,29% menjadi 31 siswa atau 88,57%.

References

A. M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Adhiputra, M. W. 2018. Karir Plateau dan Intensi Berwirausaha (Kajian Empiris). Journal of Research in Economics and Management, 319.

Agung, Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Aqib, Zainal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo.

Setiawati, Tati, dan Karpin. 2018. Modul 6: Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Ary. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan. Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2022-12-27
How to Cite
Patmoriyanto, Y. (2022). Usaha Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas XI Akuntansi A SMK Negeri Purwosari Bojonegoro. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), 2(4), 1-5. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JENN/article/view/1462

Article metrics

Abstract views : 66