Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Of Learning Pada Siswa Kelas VIII-B Semester Genap Di SMP Negeri 2 Punung, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Maryatin Maryatin SMP Negeri 2 Punung, Kabupaten Pacitan
Keywords: prestasi belajar, strategi pembelajaran active knowledge sharing of learning

Abstract

Dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing Of Learning (Pembelajaran Yang Mengembangkan Berbagai Pengetahuan Secara Aktif pada Siswa). Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus 1, bahwa dari 32 siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) dan kemudian dievaluasi, ternyata diperoleh hasil jumlah siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik adalah 6 siswa dengan prosentase 15.79%. Dilihat dari hasil belajar tersebut belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Berdasarkan pengamatan pada siklus ini suasana kelas belum kondusif, siswa masih kurang aktif, gairah bertanya kurang serta belum ada usaha untuk mendapatkan informasi dengan menulis atau bertanya kepada teman atau guru. Pada siklus 2 menunjukkan, bahwa setelah diadakan perubahan metode pembelajaran dengan metode Active Knowledge Sharing Of Learning   ternyata ada 34 siswa yang mendapat nilai dengan kriteria baik dengan prosentase 89.47%. Berarti membuktikan adanya kenaikan prestasi belajar siswa dengan kriteria baik sebesar 73.68% di siklus 1. Dengan kata lain pelaksanaan pembelajaran (metode) Active Knowledge Sharing Of Learning   sangat efektif untuk Meningkatkan Hasil Prestasi belajar siswa. Yang terlihat pada siklus I secara rata rata sebesar 58.68 (59%), Pada Siklus II secara rata rata sebesar 67.43 (67%) da Pada Siklus III secara rata rata sebesar 82.03 (82%). Sehingga dalam kegiatan penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

References

Abdurrahman, M. & Bintoro, T. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Miles, M. B. & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moesono, D & Sujono. 1993. Bahasa Jawa 5, Mari Berhitung, Petunjuk Guru Sekolah Menengah Pertama Kelas 5. Jakarta: Departemen P dan K.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurhadi, & Senduk, G. A. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS-Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 3 No. 9,10.

Winkel, 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Atas. Malang: Bayu Media Publishing.

Published
2022-09-14
How to Cite
Maryatin, M. (2022). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Of Learning Pada Siswa Kelas VIII-B Semester Genap Di SMP Negeri 2 Punung, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), 2(3), 60-66. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JENN/article/view/1382

Article metrics

Abstract views : 49