Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Dapat Meningkatkan Prestasi IPS Materi Potensi Budaya Indonesia Dan Pemanfaatannya Pada Siswa Kelas IX C Di SMP Negeri 1 Pitu Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Trisni Pantarwati SMP Negeri 1 Pitu Kabupaten Ngawi
Keywords: ips, metode student facilitator and explaining

Abstract

Kesulitan belajar yang banyak dirasakan siswa dalam belajar IPS harus segera dicarikan solusi yang tepat agar tidak menjadi beban siswa dan mampu mengangkat prestasi hasil belajar siswa kelas IX C khususnya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang tercermin dalam perolehan nilai evaluasi yang tinggi. Metode Student Facilitator And Explaining  memberi tekanan pada latihan prestasi (achievement training). Anak-anak dibiasakan berikhtiar mencapai hasil kerja maksimal dan percaya diri akan kemampuannya. Dengan kata lain ia dibiasakan untuk bertanggung jawab sendiri. Orang tua dan guru harus dapat mendorong anak untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas tertentu dengan frekuensi yang tinggi. Jika hasil pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna, orang tua dan guru haruslah memberikan reirforcement untuk mendorong penyelesaian latihan mandiri berikutnya, begitu seterusnya, sampai anak mencapai prestasi yang optimal. Metode Student Facilitator And Explaining merupakan suatu rangkaian yang saling terkait dan mendukung sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pitu, Kabupaten Ngawi dalam belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, terbukti semakin  meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I (75,00), siklus II (80,80) dan meningkat pada siklus III (86,60) sedangkan (ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 72,00%, 80,00%, dan 88,00%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

References

Aruan, D.M. 1981. Pengantar Sederhana Penelitian Pendidikan. Proyek P3D. Jakarta : Depdikbud.

Best, Join.W. 1977. Research in Education. Prentice Hall of India. Conny Semiawan, dkk. 1987. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.

Guntur Waseso, Mulyadi. 1984. Motif Prestasi, Latihan Mandiri dan Pertumbuhan Ekonomi, dalam Majalah Pendidikan No. 13. Th.XI. Malang: FKIP -IKIP Malang.

Nasutian, S. 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,(Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya,1995), 29-31

Poerwadarminta, WJS. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN.Balai Pustaka.

Rahayu, Siti. 1983. Motivasi Prestasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Cara Mendidik Anak Pada Empat Kelompok Pekerjaan, dalam Analisis Pendidikan Nomer L Th. IV. Jakarta: Depdikbud.

Soewarno, Bambang. 1987. Metode Kuantitatif Dalam Penelitian Ilmu ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PP-LPTK.

Suharsimi, Arikunto. 1987. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Bina Aksara.

Published
2021-10-25
How to Cite
Pantarwati, T. (2021). Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Dapat Meningkatkan Prestasi IPS Materi Potensi Budaya Indonesia Dan Pemanfaatannya Pada Siswa Kelas IX C Di SMP Negeri 1 Pitu Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), 1(3), 15-21. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JENN/article/view/1130

Article metrics

Abstract views : 4