Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun

  • Sugiharti , S.Pd SDN 02 Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun
Keywords: media realia, aktifitas siswa, hasil belajar Matematika, lambang bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika kompetensi mengenal lambang bilangan pada siswa kelas I semester ganjil di SDN 02 Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun melalui media realia (nyata). Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 9 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika melalui penggunaan media realia (nyata). Berdasarkan hasil pengamatan pada prasiklus keaktifan siswa mencapai 22%, pada siklus I keaktifan siswa mencapai 66,66%, pada siklus II keaktifan siswa mencapai 100%. Data hasil ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 22%, ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 44,44%, ketuntasan pada siklus II sebesar 100%. Dari hasil pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan media realia (nyata) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika kompetensi mengenal lambang bilangan pada siswa kelas 1 semester ganjil di SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Gava Media : Yogyakarta.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2013. Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Puji, Pratiwi, L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar IPS Kelas VIIB di SMP Negeri 1 Ngemplak. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta.

Rikianto, B. 2013. Pengertian Aktifitas Siswa, (online), (http://rikiantobaeng.blogspot. com/2018/03/05/pengertian aktivitas siswa. html, diunduh 05 Maret 2018).

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Kaukaba Benteng Aksara Galang wacana: Yogyakarta.

Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Published
2018-05-28
How to Cite
S.Pd, S. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 3(2), 7-14. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/89

Article metrics

Abstract views : 204