Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengajar Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Dengan Teknik Individual Di SD Binaan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Dra. Ninik Marismania, M.Pd SD Binaan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo
Keywords: supervisi, teknik individual, kompetensi

Abstract

Kompetensi guru khususnya guru dalam mengajar di SD Binaan Kecamatan Situbondo masih rendah. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar di SD Binaan Kecamatan Situbondo, maka diperlukan tindakan sebagai langkah perbaikan, dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Subyek penelitian yaitu guru-guru di SD Binaan Kecamatan Situbondo pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 6 orang guru dengan latar belakang pendidikan 5 orang  sarjana (S-1) dan 1 orang guru belum sarjana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan penilaian terhadap kriteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan komptensi guru dalam mengajar dinilai melalui 4 aspek penilaian yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil penilaian terhadap 4 aspek penilaian kompetensi guru dalam mengajar pada setiap siklusnya dapat dijelaskan bahwa pada kondisi awal sebesar 56,18 masuk dalam kriteria (C), pada siklus II menjadi 74,20 masuk dalam kriteria (C) dan pada siklus II sebesar 93,43 dan masuk dalam kriteria nilai (SB). Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru di SD Binaan Kecamatan Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, John. 2007. Reconstructing American Education. Harvard University Press Cambridge, Massachusetts and London, England.

Gwynn, Porter 2002. A Cross Cultural Analysis of Motivational Factors That Influence Teacher Identity; Electronic Journal of Research in Educational Psychology, N. 13 Vol 5 (3), . ISSN: 1696-2095.

Kasbolah, Kasihani. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: IKIP Malang Press.

Lucio, Wiliam H. dan Mc Neil John D. 1979. Supervision in thought and Action. N.Y.: McGraw-hill book Co.

Majid, Abdul. 2012. Perencaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Penerbit PT. Grasindo.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Supervisi Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2020-09-09
How to Cite
M.Pd, D. N. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengajar Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Dengan Teknik Individual Di SD Binaan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 5(3), 64-71. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/589

Article metrics

Abstract views : 110