Efektifitas Penggunaan Alat Peraga (LCF) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Pokok Bahasan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 13 Kota Madiun Semester I Tahun 2019/2020

  • Dra. Sumarlinah SMP NEGERI 13 KOTA MADIUN
Keywords: Efektifitas penggunaan alat peraga LCD, Prestasi belajar

Abstract

Alat peraga PPKn dalam Proses Belajar Mengajar yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor perlu dipilih jenis dan karakteristiknya. Menurut Sadiman (1986) ada 3 jenis yaitu alat peraga grafis, alat peraga audio visual dan alat peraga proyaksi. Di antara tiga jenis alat peraga, alat peraga/media projeksi khususnya film relatif paling berhasil dalam peningkatan hasil belajar. Tetapi film kurang cocok untuk negara Indonesia yang sedang membangun. Selain biaya pembuatana tinggi, biaya pemeliharaan dan penyimpananpun sulit dilakukan, khususnya untuk SMP. Mengenai penelitian alat peraga jenis grafis, adalah gambar dan tulisan. Mengenai penelitian jenis audio visual (Daryanto, 1993:27) artinya semua alat peraga dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat Pancaindra. Rumusan masalah penelitian ini : Apakah penggunaan alat peraga LCD, efektif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor pelajaran PPKn, Apakah penggunaan alat  peraga LCD, efektif dalam memotivasi guru untuk seterusnya menggunakan alat peraga LCD pokok bahasan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada siswa kelas IX F SMP Negeri 13 Kota Madiun? Dari perhitungan analisis data yang telah dilakukan didapat nilai r (ro) = 0.998. Sedangkan nilai r berdasarkan tabel product moment dengn taraf signifikansi 5% dan N = 32 adalah > 0.316. hal ini menjunjukkan bahwa ro lebih besar daripada rt (0.998 > 0.316). Dengan demikian Ho yang berbunyi “ Tidak ada korelasi antara penggunaan alat peraga LCD dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan prestasi belajar mata pelajaranKewarganegaraan (PPKn)” DITOLAK,  dan sebagai konsekuensinya Ha yang berbunyi “ Ada Korelasi antara Tidak ada korelasi penggunaan alat peraga LCD dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan Prestasi Belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)  DITERIMA. Berdasarkan hasil diatas dapatlah dinyatakan disini bahwa penggunaan alat peraga LCD terutama pada siswa tingkat SMP sangat berpengaruh terhadap prestasi yang diperoleh khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan tentunya juga pada mata pelajaran yang lain.

References

Ali,M. 1993 Penelitian Tentang Penggunaan Audio Tutorial Program dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian. Hasil penelitian tidak dipublikasikan, Surabaya : Lembaga Penelitian IKIP Surabaya.

Djahiri, AK. 1992. Dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral, Bandung: Lab. PMP IKIP

Latuheru, John D. 1988, Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandir, 1986 Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Projek P2LPTK Depdikbud.

Raharjo R. 1986, Desain Media, Jakarta: Depdikbud.

Rudi S. 1998, Penggunaan Alat Peraga PKn Anutapura untuk SMU Mindi dan SMU Airlangga. Hasil penelitian tidak diterbitkan. Surabaya : LPM IKIP Surabaya

Sadiman A. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Pustekom Depdikbud.

Setyawati, N. 1995. Optimalisasi Penggunaan dan Pembuatan Alat Peraga IPS. Hasil penelitian tidak dipublikasikan. Surabaya: Lembaga Penelitian IKIP Surabaya.

Sihkabuden. 2002. Media Pembelajaran, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Wahab, A. 1986. Evaluasi Afektif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wilkinson, G.L. 1980. Media dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun. Terjemahan oleh Z. Nasution 1984. Pustekom Depdikbud.

Published
2020-05-04
How to Cite
Sumarlinah, D. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga (LCF) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Pokok Bahasan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 13 Kota Madiun Semester I Tahun 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 5(2), 69-76. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/508

Article metrics

Abstract views : 1