Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1.B MIN Manisrejo Kota Madiun

  • Sutiyah, S.Pd. MIN Manisrejo Kota Madiun
Keywords: Kemampuan, Permainan, Kartu Huruf

Abstract

Keberhasilan pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Manisrejo Kota Madiun serta meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran sebagai interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Meskipun banyak faktor-faktor penyebab kurangnya penguasaan materi yang diberikan, metode pendidik yang digunakan dan faktor-faktor yang lainnya dalam pembuatan model pembelajaran. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Indikator keberhasilan dari setiap siklus adalah : 1) Kualitas proses pembelajaran hasil observasi menunjukkan predikat baik atau sangat baik, 2) Tes belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal (80%), dengan KKM = 75.  Hasil penelitian bahwa diperoleh prosentase siswa yang tuntas belajar meningkat setiap siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 50,00%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,60% dan pada akhir siklus ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Rata-rata nilai siswa senantiasa mengalami peningkatan setiap siklusnya, yaitu dari 50,00% pada siklus I, naik menjadi 70,60% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN Manisrejo Kota Madiun.  Simpulan yang diperoleh adalah : 1) Penggunaan metode Teknik Permainan Kartu Huruf terbukti dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca. 2) Penggunaan media pembelajaran dengan pendekatan Teknik Permainan Kartu Huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca.

References

Anderson, Neil. 2003. “Reading” dalam Practical English Language Teaching Reading. David Nunan (ed.). New York: McGraw Hall.

Dimyati, Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Nurhadi, 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru.

Poerwati, dkk.2008. Evaluasi Belajar. Bandung

Slameto. 2001. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta:Bumi Aksara.

Soejtiningsih.1995. Belajar Dan Bermain. Bandung

Udin S. Winataputra. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Widyamartaya, A. 1992. Seni Membaca Untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius.

Wira Indra Satya. (2006). Membangun Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Melalui Bermain, Depdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Ketenagaan

Published
2018-10-06
How to Cite
S.Pd., S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1.B MIN Manisrejo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 3(3), 44-52. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/176

Article metrics

Abstract views : 55