Peningkatan Partisipasi Dan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Di SDN 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Rayakabupaten Agam

  • Jauziah Jauziah SD Negeri 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Raya
Keywords: partisipasi, hasil belajar, dan strategi index card match

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agamdengan menggunakan strategi Index Card Match. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas IV SDN25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar partisipasi belajar siswa, lembar aktivitas guru dan hasil belajar. Berdasarkan analisispartisipasi belajar siswa, persentase partisipasi belajar siswa pada masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama 51% meningkat menjadi 83,33%pada siklus keduanya.Persentase partisipasi belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari pada siklus I.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus pertama 45%meningkat menjadi 75% pada siklus keduanya. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam setelah menggunakan strategi Index Card Match.

References

Amrina, Zulfa. 2008. Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Kelas Awal Berbasis Softskill/budaya. Padang: Universitas Bung Hatta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Desfitri, Rita. 2008. Peningkatan Aktifitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 MTSN Model Padang Melalui Pendekatan Konstektual. Padang.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, 2006. kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2010. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Silberman, Mel. 2007. Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insane Madani.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana.2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: : PT. Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R.. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, Hisyam dkk,2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.

Published
2022-09-13
How to Cite
Jauziah, J. (2022). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Strategi Index Card Match Di SDN 25 Sungai Tampang Kecamatan Tanjung Rayakabupaten Agam. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 7(1), 52-60. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/1367

Article metrics

Abstract views : 44