Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Dengan Metode Bercerita Melalui Media Kartu Gambar Di TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Siti Suwarni
Keywords: kemampuan membaca, metode bercerita melalui media kartu gambar

Abstract

Cerita  adalah  suatu  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  kepada murid- muridnya,  orang  tua  kepada  anaknya,  guru  bercerita  kepada  pendengarnya.  Suatu  kegiatan  yang  bersifat  seni  karena  erat  kaitannya  dengan  keindahan  dan  sandaran  kepada kekuatan kata-kata yang dipergunakan untuk mencapai tujuan cerita. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Bagimanakah pengaruh penggunaan metode bercerita melalui  media kartu gambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan metode bercerita melalui media kartu gambar dapat meningkatkan  kemampuan membaca permulaan pada siswa TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat semakin mantapnya pemahaman siswa TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun terhadap materi yang disampaikan guru, hal ini dapat dibuktikan dari siklus berdaur yaitu pra penelitian, siklus I dan siklus II ternyata mengalami peningkatan secara signifikan, yaitu pra penelitian nilai rata-rata naik menjadi 61,82 pada siklus I naik menjadi 74.77 dan pada siklus II naik menjadi 81.82, sedangkan ketuntasan secara klasikal dalam membaca permulaan pada pra penelitian (45,45 %), pada siklus I (86,36 %), dan pada siklus III (100 %).

References

Moleong, Lekxy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bantung: PT Remaja.

Rachman, Arief. 2005. Memebntuk Anak Mandiri, Bermotivasi tinggi, dan Percaya Diri. Jakarta: Nikita.

Sujana, Nana. 1997. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah – Skripsi – Tesis – disertasi) Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Surahmad, Winarno. 1994 . Dasar dan Teknik Reasearh. Bandung: Tarsita

Saleh, Chasman. 1988. Pedoman Guru Bidang Pengembangan kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim. 1996. Pedoman Guru Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan. Dan Kebudayaan.

Tim. 1997. Metode Khusus Pengembasngan Keterampilan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Published
2021-10-20
How to Cite
Suwarni, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Dengan Metode Bercerita Melalui Media Kartu Gambar Di TK Desa Gemarang 01 Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 74-79. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/1032

Article metrics

Abstract views : 5