Meningkatkan Kinerja Dan Mutu Guru Secara Kompetitif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Di Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Sumarni Talib SDN Bungin Kec. Tinangkung, Kab. Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah
Keywords: Kinerja dan mutu guru, kompetitif, kompetitif, alat permainan edukatif

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah:(a) Apakah pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif dapat meningkatkan kematangan emosi peserta didik di SDN Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2017/2018? (b) Apakah pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif dapat meningkatkan kinerja dan mutu guru secara kompetentif di SDN Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2017/2018? (c) Apakah pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas? Layaknya Penelitian Tindakan dengan urutan siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda, penyusun menggunakan  2 siklus dalam penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah guru kelas SDN Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Hasil penelitian secara rinci diperoleh peningkatan Kinerja Dan Mutu Guru Secara Kompetentif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia  Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Di Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu pada Siklus I hasil observasi kelas model pembelajaran permainan edukatif nilai rata-rata 64,8, siswa tuntas 16 dan persentase ketuntasan secara klasikal 66,7 sedangkan pada Siklus II nilai rata-rata 64,8, siswa tuntas 16 dan persentase ketuntasan secara klasikal 66,7.

References

Depdikbud. 2002. Kurikulum Pendidikan Sekolah, Bahasa Indonesia. Jakarta.

Elliot, John. 1999. Action Research Educational Change. Philadelphia : Open University Press.

Jonhnson, J. E, Christie, J. F, dan Yawkey, T. D. 2003. Play and Early Childhood Development. Glenview IL : Scott, Foresman.

McNiff, Jean. 1999. Action Research : Principles and Practice. London: Macmillan Education Ltd.

Pellegrini, A. D. 2004. The Relation Between Symbolic Play And Literate Behavior : A Review And Critique Of Emperical Literature. Review of Educational Research, Spring. 1985, Vol. 55, No. 1.

Pollito, theodora. 2003. How play and work are organized in a kindergarten classroom. Journal of Research in Childhood Education, vol. 9 No. 1.

Silverman, David. 2004. Interpreting Qualitative Data. Methods for Analysing Talk, Text, and Interaction. London : Sage Publication Ltd.

Spodek, Bernard dan Olivia N. Saracho. 1998. Child’s Play As Education Dalam Right From The Start. Teaching Children Ages Three to Eight. Toronto: Allyn and Bacon.

Sukarnyana, I Wanyan. 2004. Karakteristik Perkembangan Dan Sosial Anak Usia Taman Kanak-Kanak Dan Kelas-Kelas Awal Pra Sekolah. Makalah. Malang: LPM IKIP Malang.

Stone, Sandra J. 2001. Wanted : Advocates For Play In The Primary Grades. Young Children, September 1995.

Van Horn, J, Npourat, P, Scales B, dan Alward K. 2002. Play as the Center of the Early Childhood Curriculum New York : Macmillan.

Vilke, M. 2002. Why start early? Teaching Foreign Languages to the very Young. Oxford : Pargamon Press.

Published
2021-10-20
How to Cite
Talib, S. (2021). Meningkatkan Kinerja Dan Mutu Guru Secara Kompetitif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Di Bungin Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 22-27. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/1023

Article metrics

Abstract views : 4