Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Hamsa Laubeka SMPN 4 Buko Selatan Satap, Kec. Buko Selatan, Kab. Banggai Kepulauan Prov. Sulawesi Tengah
Keywords: kompetensi guru, tik, supervisi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan pendekatan supervisi akademik sehingga muara akhirnya yang berupa peningkatan proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan dapat tercapai. Layaknya Penelitian Tindakan dengan urutan siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda, penyusun menggunakan 2 siklus dalam penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah guru kelas SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap.Teknik pengumpulan data melalui supervisi kelas dengan penekanan pada penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi selama proses pembelajaran. Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan prosentase (%) pencapaian dengan konstanta 100. Dan untuk melihatĀ  interpertasi dengan menggunakan kriteria interpertasi skor untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100% (Baik Sekali), 66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam penerapan TIK mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, pelaksanaan supervisi pembelajaran pada siklus I sebesar 64% dengan kriteria C (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 83% dengan kriteria B (baik), atau pada pelaksanaan supervisi pada siklus I meninngkat sebesar 19% pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Abidin, Z. 1995. Pembuatan dan Penggunaan Media Gambar, Ritatoon, Rotatoon, dan Standar Lembar Balik. Malang: Lemlit IKIP Malang.

Mukhtar dan Iskandar.2009. Orientasi Supervisi Pendidikan. Jakarta : GPP Press.

Nawawi, Hadari.2006.Kepemimpinan Mengefektifkan Organsiasi.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PMPTK, Dirjen, Materi Supervisi Akademik Penguatan Kepala Sekolah dan Pengawas, Jakarta: 2010.

Pidarta,Made.2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Riduwan.2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-karyawan dan Peneliti Muda. Bandung : Alfabeta.

Rusi, Restiyanti dkk. 2014. Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi.

Syaiful Sagala. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Soedijarto. 2000. Pendidikan Nasional sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Membangun Peradaban Negara dan Bangsa. Jakarta: Cinaps.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Published
2021-10-20
How to Cite
Laubeka, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Buko Selatan Satap Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 6(3), 17-21. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/1022

Article metrics

Abstract views : 5